NAMA : HERJUNA AGUNG N
NPM : 14213071
KELAS :4EA24
Etika Bisnis
adalah suatu rangkaian prinsip yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis,
lalu dalam etika bisnis dikenal istilah tanggung jawab sosial yaitu suatu
pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat
(komunitas dan lingkungannya) dan secara luas meliputi tanggung jawab
perusahaan terhadap pelanggan, karyawan dan Kreditur.
Tanggung
Jawab Sosial
Keputusan
yang tidak etis bisanya timbul jika pengambilan keputusan hanya
untuk menguntungkan diri sendiri dari pada pemegang kepentingan (karyawan,
pemegang saham, lingkungan). Praktek bisnis yang tidak etis dapat
berpengaruh tidak baik terhadap nilai perusahaan. Tanggung Jawab kepada
Pelanggan jauh lebih luas dari pada hanya menyediakan barang atau jasa.
Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual
produk. Dalam praktek tanggung jawab meliputi :
- Tanggung Jawab Produksi: Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan harus ada guna mencegah kecelakaan karena salah dalam penggunaan dan adanya efek samping.
- Tanggung Jawab Penjualan : Perusahaan tidak melakukan strategi penjualan yang terlalu agresive atau iklan yang menyesatkan. Perlu survey kepuasan pelanggan, di mana yang bersangkutan diperlakukan
- sebagaimana mestinya.
Cara
Menjamin Tanggung Jawab Sosial:
- Ciptakan Kode Etik, berisi serangkaian petunjuk untuk kualitas produk, sekaligus sebagai petunjuk bagaimana karyawan, pelanggan dan pemilik seharusnya dipelihara
- Memantau Semua Keluhan, hubungi pelanggan apabila mereka mempunyai keluhan mengenai kualitas produk atau lainnya. cari sumber keluhan dan yakinkan bahwa problem tersebut tidak akan timbul lagi
- Umpan Balik Pelanggan, meminta pelanggan untuk memberi umpan balik atas barang atau jasa yang mereka beli walaupun selama ini tidak ada keluhan dengan mengirim kuesioner.
Biaya
Untuk Memenuhi Tanggung Jawab Sosial
Kemungkinan
biaya yang timbul sebagai akibat tanggung jawab sosial kepada
:
- Pelanggan, menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan, Melakukan survey untuk mengeta – hui kepuasan pelanggan,Gugatan hukum oleh pelanggan.
- Karyawan, menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan, Melakukan survey untuk mengeta -hui kepuasan karyawan, Gugatan hukum oleh karyawan karena diskriminasi atau tuduhan tanpa bukti.
- Pemegang Saham, mengumumkan Informasi Keuangan secara periodik, Gugatan hukum atas tuduhan bahwa manajer perusahaan tidak memenuhi tanggung jawabnya kepada para pemegang saham.
- Lingkungan, memenuhi regulasi pemerintah akan lingkungan, Memenuhi janji akan petunjuk lingkungan yang dibuat perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar